• Selamat Datang di Website Resmi MTsN 4 Tebo
  • Madrasah Hebat Bermartabat !

SEJARAH MADRASAH

Latar Belakang

Dasar Hukum

  • Undang- undang RI Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Nomor 47 Tahun 2003, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4286)
  • Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan negara (Lembaran  Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2004, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4355.
  • Peraturan Presiden RI Nomor 9 Tahun 2005 tentang kedudukan, Tugas, Fungsi Susunan Organisasi dan Tata kerja Departemen Negara RI sebagaimana telah diubah terakhir dengan peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2008.
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2006 tentang Mekanisme Pelaksanaan pembayaran atas beban APBN di lingkungan Departemen Agama.
  • Perpres Nomor 70 tahun 2012 tentang Pengadaan barang/jasa pemerintah.
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama.
  • Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Nomor : 21 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Operasional Penyelenggaraan Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang  ( PUPR ).

 Gambaran Umum Singkat

Pada awal berdirinya  MTsN 4 TEBO  merupakan Madrasah swasta dengan nama MTs Persiapan Negeri Al Falah No. 340 yang di dirikan  sejak tahun  1987 yang pada waktu itu di kelola oleh Yayasan Islamic Center Nahdatul  Ulama  ( YICA NU ).  Usaha penegerian Madrasah yang  dilakukan  MTs PA No. 340 mendapat persetujuan untuk di negerikan dari kantor Agama Kabupaten Tebo  terealisasi pada tahun 1997 berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 107 Tahun 1997 sejak itu madrasai ini bernama MTsN Rimbo Mulyo dan berdasarkan Keputusan menteri tersebut Madrasah Rimbo Mulyo adalah merupakan salah satu satker yang mengelola kegiatan secara mandiri dengan dengan  pengelolaan pembiayaan  yang di biayai oleh Negara dibawah naungan Departemen Agama melalui direktorat jenderal Pendidikan Islam.  Dalam perjalannya MTsN Rimbo Mulyo telah dilaksanakan pembanguan berbagai fasilitas sarana dan prasarana  pendidikan   serta meningkatkan manajemen madrasah dalam upaya  Memberikan  pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dibidang pendidikan masyarakat yang bermuatan pendidikan islam.  Pada tahun 2016 MTsN Rimbo Mulyo mengalami perubahan nama Menjadi MTsN 4 Tebo hingga saat ini  berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor : 681 tahun 2016.

Berdasarkan Letak dan Potensi Geografis MTsN  4 Tebo Berada diwilayah administrasi Desa Rimbo Mulyo Kecamatan Rimbo Bujang Kabupten Tebo Propinsi  Jambi,  Potensi ini menuntuk kerja keras dan usaha yang harus maksimal dalam mempertahan ken kelangsungan kelembagaan MTsN sebagai satu satunya Madrasa  Tsanawiyah Negeri di kecamatan rimbo bujang dimana sebagai lembaga pemerintah, MTsN 4 tebo dihadapkan kepada persaingan yang sangat tinggi menyelnggarakan pendidikannya dengan tingkat dak kualitas sumberdaya  sarana dan prasarana yang ada, di karenakan diwilayah  kecamatan rimbo bujang  dan Kecamatan Rimbo Ulu juga berdiri 19 Pesantren dan 3 Mts Swasta  yang kesemua lembaga pendidikan tersebut menginduk kepada MTsN 4 Tebo dalam bentuk Kemompok  Kerja Madrasah ( KKM ). Tentunya Hal ini juga merupakan faktor pendukug dalam meningkatnya pelayanan MTsN 4 tebo kepada masyarakat melalui lembaga - lembaga  tersebut  namun segaligus penghambat dalam hal daya serap siswa yang seharusnya diproleh MTsN 4 Tebo dalam memberikan pelayanan maksimal yang lansung kepada masyarakat.   Tentunya hal ini tidak harus terjadi apabila kualitas standar yang maksimal sebagai suatu lembaga Pemerintah dapat terpenuhi.

 

Alasan Kegiatan Dilaksanakan

Saat ini pada pelaksanaan Tugas/ kegiatan pada MTsN 4 KABUPATEN TEBO masih sangat banyak  kekurangan Sarana dan Prasarana untuk mendukung dalam pelaksanaan  Pendidikan . dimana pada saat ini peruntukan ruang Belajar siswa dan bangunan laboratoriun dalam bentuk labor IPA   dan Labor Bahasa bagi kegiatan  praktek siswa  belum ada sejak status madrasah ini di negerikan,  si samping itu juga untuk keamanan proses belajar mengajar yang dilaksanakan dalam hal prasana pendidikan berupa pagar batas lingkungan belum ada , akses jalan  yang belum memadai serta Gardu dan Gapura  Madrasah  belum ada sama sekali.

Disisi lain upaya pemenuhan pelayanan yang maksimal terus dilakukan oleh pihak manajeman MTsN 4 Tebo hal ini dapat dilihat dari upaya meningkatan Status Tanah dari Hak Pakai menjadi Hak Milik  dalam bentuk Hibah dari Pemerintah Kabupaten  Tebo bedasarkan SK Bupati Tebo Nomor : 452 Tahun 2019 Tentang Penetapan dan Pemberian Hak Hibah Aset Tetap Milik Pemerintah Kabupaten Tebo Berupa Tanah Kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tebo.   Berdasasarkan hal ini kami sangat berharap berbagai usulan kegiatan yang diajukan  dapat terealisasi dengan baik demi miningkatnya eksistensi MTsN sebagai sebagai lembaga pelayanan masyarakat  yang memiliki Mutu dan kualitas yang berstandar nasional. .

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
PASKIBRAKA

NULL

04/05/2019 11:02 WIB - Admin_Aan
PMR

NULL

04/05/2019 11:02 WIB - Admin_Aan
KESENIAN

NULL

04/05/2019 11:02 WIB - Admin_Aan
OLAHRAGA

NULL

04/05/2019 11:01 WIB - Admin_Aan
DRUMBAND

NULL

04/05/2019 11:01 WIB - Admin_Aan